Tindaklanjut Rekomindasi di LHP-BPK, Bupati segera melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait

Read Time2 Minutes, 36 Seconds

Jawapes.Com, Sampang–  Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sampang, menggelar Rapat Paripurna penyampaian laporan rekomendasi Panja I dan II LHP BPK RI TA 2018, laporan Banggar DPRD terhadap LKPj APBD TA 2018, dan Pengesahan Raperda Pertanggung jawaban pelaksanaan APBD TA 2018. Yang di hadiri oleh Bupati Dan Wakil Bupati Sampang. Senin (1/7/2019).

Menindaklanjuti hasil temuan dari Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan RI (LHP BPK RI), Panitia Kerja (Panja) I dan II DPRD Kabupaten Sampang melayangkan delapan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Panja I Faqih Anis Fuadi menuturkan bahwa ada tiga rekomendasi menindaklanjuti hasil LHP BPK RI, pertama temuan dari beberapa Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) dari tim audit BPK, agar Bupati Sampang untuk menindaklanjuti segala bentuk kerugian negara dan disertakan klarifikasi kurun waktu dalam 60 hari sesuai dengan Permendagri nomor 13 tahun 2010.
Yang kedua meminta agar Bupati Sampang melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) agar dapat menyajikan nilai aset dalam neraca aset sesuai dengan standard akuntansi berbasis aktual.

“Yang terakhir, Bupati Sampang merekomendasikan kepada OPD penghasil PAD untuk mengusulkan perubahan delapan peraturan daerah tentang pajak dan retribusi daerah dan mengusulkan kembali perda tentang penambahan penyertaan modal terhadap PT. Geliat Sampang Mandiri (GSM) dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propamperda) tahun 2019,” katanya.

Ia juga menyampaikan, meski Pemkab Sampang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), namun sejumlah masalah yang terekomendasi tidak menghapus predikat tersebut, namun demikian pihaknya meminta agar semua program kegiatan yang akan datang dilakukan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami ingin Pemkab Sampang menjamin pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan sumber daya dan sumber dana secara optimal dan bertanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu juru bicara Panja II DPRD Kabupaten Sampang Syamsuddin memberikan rekomendasi untuk segera ditindaklanjuti oleh Pemkab Sampang. Salah satunya ada temuan BPK menemukan kelemahan sistem pengendalian internal dalam menyusun laporan keuangan, antara lain pengelolaan investasi permanen dan aset tetap di Kabupaten Sampang kurang memadai.

“BPKjuga menemukan ketidak patuhan terhadap peraturan tentang pengelolaan keuangan daerah, salah satunya soal kelebihan pembayaran atas pelaksanaan belanja bibit tanaman dan tanaman hias di Dinas Lingkungan Hidup sebesar Rp. 98.336.191,” tuturnya.

Tak hanya itu, ada 21 paket pekerjaan belanja modal di tiga OPD yang tidak sesuai dengan kontrak senilai Rp 746.122.223, nah artinya Bupati Sampang mendapat tugas yakni untuk melakukan penyelesaian atas beberapa rekomendasi yang ada,” jelasnya.

Seterusnya anggota Komisi II DPRD Sampang itu juga merekomendasikan agar Bupati Sampang meminta Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sampang agar memproses kelebihan pembayaran atas kekurangan volume pengerjaan kepada kas daerah sebesar Rp 600.495.191, serta meminta Direktur RS dr. Mohammad Zyn juga mengembalikan kelebihan anggaran sebanyak Rp 98.445.312 serta Dinas Perdagangan yang harus mengembalikan kelebihan pembayaran anggaran Rp 47.181.720.
” Kami harap Bupati Sampang segera melakukan pemanggilan terhadap dinas yang bersangkutan untuk dilakukan penyelesaian terhadap hasil audit BPK itu,” tegasnya.

Saat di kofermasi Ditempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, akan segera melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait tindak lanjut atas temuan dan rekomendasi panja tersebut.
” Kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Sampang untuk bersama-sama melakukan koordinasi atas hasil audit BPK di Kabupaten Sampang tesebut, terbukti kita sudah mengembalikan kerugian negara kurang lebih Rp 1 M,” ungkap Bupati.
Bupati sampang juga berpesan ” Yang jelas ini menjadi bahan evaluasi dan koreksi atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini,” terangnya. (TOS)

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Related Articles

Back to top button
Close