Profil Jawapes

SEKILAS TENTANG ORGANISASI

JAWAPES adalah singkatan dari JARINGAN WARGA PEDULI SOSIAL yang merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh sekelompok orang yang secara sukarela bersedia memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

Organisasi ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 2011 di Surabaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan membentuk kegiatan Safari Kesehatan Kota Surabaya, dikarenakan tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan organisasi ini maka untuk memperluas ruang gerak, Jawapes mulai mengembangkan organisasinya dengan membuka cabang dibeberapa daerah dan menerbitkan media cetak yang kemudian dikembangkan dengan mengikuti pesatnya media online dengan membuat website jawapes.com dan jawapes.co.id sebagai media informasi yang merupakan sarana organisasi dalam melakukan pendampingan.

Keberadaan Jawapes menjadi pemersatu lintas organisasi yang memiliki visi dan misi yang sama bergabung menjadi satu wadah Jawapes Group. Dimana organisasi tersebut antara lain adalah Yayasan Grahadi Brawijaya, LBH Rahmatan Lil Alamin, LSM Laskar Pemberdaya Dan Peduli Rakyat (Lasbandra), PT. Jawapes Indonesia Semesta, Tri Tunggal, Aldi Production, Sekat Channel, LSM Garad Indonesia dan Recharged Organizer.

Dalam pelaksanaan tugasnya Jawapes Group melakukan pendampingan masyarakat dalam bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Ekonomi, Hukum dan Pariwisata.

 

MOTTO JAWAPES

“Bangunlah Dirimu Untuk Membantu Orang Lain”

 

Maksud Dan Tujuan dari JAWAPES :

  1. JAWAPES ini sebagai wadah para masyarakat yang memiliki kepedulian sosial dan mengorganisir serta bekerjasama dengan lembaga lainnya yang mempunyai tujuan sama dan memperjuangkan bersama dalam usaha mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia.
  2. Mempercepat akses-akses program sosial dengan sistem jemput bola langsung ke masyarakat
  3. Pembuatan Database masyarakat miskin yang membutuhkan pelayanan sosial berlanjut yang kemudian kita laporkan kepada pihak-pihak terkait terutama masyarakat yang berada di kantong-kantong Kemiskinan.
  4. Sosialisasi dan ikut serta mensukseskan Program Pemerintah agar yang berhak menerima tepat sasaran yaitu masyarakat kurang mampu sehingga kesejahteraan tercapai.
  5. Membantu Pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat sosial bagi semua warga Negara
  6. Menimbulkan rasa Empaty jiwa kepedulian social bagi kita semua.
  7. Mendorong dan membantu perusahaan di Indonesia dalam penerapan berbagai strategi CSR dan program-program CSR agar tepat pada sasaran.

Untuk  menjalankan  fungsinya  JARINGAN WARGA PEDULI SOSIAL (JAWAPES) mempunyai  tugas: 

  1. Bergerak dibidang Kesehatan, Pendidikan, Sosial dan Hukum dengan menyebarkan informasi dan penyuluhan dalam rangka mencerdaskan bangsa untuk meningkatkan kesadaran atas hak dan kewajiban sebagai masyarakat agar peduli lingkungan.
  2. Bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat.
  3. Membantu masyarakat dalam memperjuangkan haknya, termasuk menerima keluhan atau pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik.
  4. Melakukan pengawasan bersama pemerintah terhadap perusahaan dalam pelaksanaan program CSRnya terhadap masyarakat.
  5. Memberikan nasihat dan melakukan pendampingan terhadap masyarakat yang memerlukannya.
  6. Mengembangkan usaha bersama dengan berdasarkan pada prinsip kegotongroyongan, musyawarah dan permufakatan bersama untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.
  7. Memberikan  saran  dan  rekomendasi  kepada  pemerintah  dalam rangka penyusunan  kebijaksanaan  di  bidang  sosial masyarakat;
  8. Melakukan  penelitian  dan  pengkajian  terhadap  peraturan perundang ­ undangan yang  berlaku  mengenai hak rakyat;